Jelajah Kuliner di Kawasan Little Tokyo Jakarta Selatan

Jelajah Kuliner di Kawasan Little Tokyo Jakarta Selatan

Bernuansakan ala Jepang, kawasan Blok M terkenal dengan kawasan Little Tokyo, di mana restoran, tempat hiburan, hingga supermarket di sini banyak mengadaptasi budaya Jepang.

Terdapat beberapa supermarket yang memang menjual makanan ringan khas Jepang, seperti ice cream dan barang-barang lainnya. Kali ini BigDish merekomendasikan 5 tempat makan, untuk anda para pencinta kuliner Jepang. Berikut tempat-tempat yang bisa Anda temui:

1. Daitokyo Sakaba

Memiliki gaya restoran yang autentik, Daitokyo Sakaba merupakan salah satu restoran yang sebagian besar menggunakan kayu dalam interior dan furnitur yang digunakan.

Terletak di dalam Blok M Square, suasana dengan setiap meja memiliki sekat-sekat antara satu dengan lainnya menjadi autentik dari restoran ini. Menu-menu autentik negeri sakura dapat anda temukan di sini.

Suasana dan makanan khas membuat anda akan merasakan kehangatan seperti restoran yang ada di Jepang. Restoran ini buka jam 18.00 WIB.

Menu wajib Daitokyo Sakaba yang terletak di dalam Blok M Square adalah Tsukune Cheese. Daging ayam yang dicincang kemudian dibentuk dan dimasak seperti sate.
Menu wajib Daitokyo Sakaba yang terletak di dalam Blok M Square adalah Tsukune Cheese. Daging ayam yang dicincang kemudian dibentuk dan dimasak seperti sate. (https://www.instagram.com/cnlulaby/ )

Menu wajib yang harus anda coba disini adalah Tsukune Cheese. Daging ayam yang dicincang kemudian dibentuk dan dimasak seperti sate. Diatas sate, diberikan sensasi gurih yaitu keju yang kemudian dibakar sedikit sehingga keju akan meleleh dan lembut saat anda mencicipinya.

2. Kashiwa

Tempat yang ramai dikunjugi oleh orang Jepang asli ini merupakan salah satu tempat yang juga menggunakan interior khas Jepang. Mulai dari furniture hingga aksesoris yang digunakan. Semua itu membuat atmosfir di restoran ini seperti di Jepang.

Tempat ini selalu penuh akan pengunjung. Disarankan bagi anda yang ingin mencoba makan di sini untuk melakukan reservasi sebelum anda datang.

Terkenal dengan tempura jumbo, anda para pecinta tempura wajib untuk mampir ketempat ini. Jumbo Ebifry merupakan udang berukuran besar yang digoreng seperti tempuran, dimana memiliki kulit yang renyah.

3. Kira Kira Ginza

Bersebelahan persis dengan restoran Daitokyo, Kira Kira Ginza juga memberikan suasana Jepang. Ya memang kawasan Blok M penuh dengan restoran Jepang yang khas.

Mengusung tema Jepang, sambutan mulai dari anda datang hingga anda keluar restoran para pramusaji menggunakan bahasa Jepang. Selain itu terdapat banyak poster-poster anime Jepang dan informasi lainnya. Disini juga terdapat ruang tatami yang merupakan design ruangan yang klasik dan tradisional Jepang.

Salah satu makanan yang wajib anda coba saat berkunjung ke sini ialah Cheese Age. Menu ini seperti makanan spring roll yang berisikan keju. Apapun yang berhubungan dengan keju memang tidak pernah salah, betul?

4. Echigoya Ramen

Setelah Kira Kira Ginza, sekarang mencari menu yang pas saat hujan seperti ramen. Echigoya Ramen merupakan salah satu restoran ramen yang terkenal dengan mi ramen yang dibuat sendiri.

Mi ala Echigoya ini jauh dari bahan pengawet sehingga membuat ciri khas dan rasa yang berbeda dari lainnya. Echigoya Ramen pun ramai dikunjungi sampai orang asli Jepang pun ramai memenuhi tempat ini.

Kashikawa terkenal dengan tempura jumbo, anda para pecinta tempura wajib untuk mampir ketempat ini. Jumbo Ebifry merupakan udang berukuran besar yang digoreng seperti tempuran, dimana memiliki kulit yang renyah.
Kashikawa terkenal dengan tempura jumbo, anda para pecinta tempura wajib untuk mampir ketempat ini. Jumbo Ebifry merupakan udang berukuran besar yang digoreng seperti tempuran, dimana memiliki kulit yang renyah. (Arsip lullaby spoon)

Tonkotsu Ramen bisa menjadi pilihan tepat dalam menghangatkan badan. Daging ayam rebus yang dipadukan dengan kuah yang sangat gurih, tetapi terasa sangat ringan sehingga tidak membuat anda terlalu kenyang ataupun enek dalam menghabiskan satu mangkok ramen.

5. Shibuya Cafe

Restoran ini memang agak sedikit jauh dari yang lainnya atau tidak berada di Blok M Square. Terletak di Kamome Building, Jalan Melawai No 189, Shibuya juga memberikan suasana coffee shop yang nyaman dan hangat ala Jepang.

Di Shibuya Café terdapat ruangan smoking dan non smoking, jadi anda bisa bersantai di café dengan kopi andalan dari Shibuya Café.

Restoran ini terkenal dengan menu Gyu Tan Don. Gyu Tan Don adalah masakan khas Jepang yang hampir mirip dengan Donburri. Gyu Tan adalah bagian lidah sapi yang dipotong dengan ketipisan yang sempurna dan dimasak dengan bumbu khas Jepang.

Makanan ini disajikan dengan nasi putih hangat. Kemewahan rasa daging dan nasi akan menyatu dalam satu mangkuk yang dapat anda dapatkan di sini.

Selain itu, setiap bulan Mei yang ditandai dengan mulainya musim semi di Jepang, kawasan Little Tokyo ini setiap tahunnya mengadakan Enchinsai Festival.

Festival Jepang Besar yang lengkap dengan, makanan, pertunjukan seni kebudayaan tradisional Jepang hingga stand merchandise khas Jepang. Apabila anda ingin merasakan sensasi “Little Tokyo” ala Jakarta Selatan, tempat ini merupakan tempat yang pas untuk anda kunjungi.

sumber:travel.kompas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *